Selasa, 08 Januari 2013

Terjemahan Cerita Detektif Sherlock Holmes: Lembah Ketakutan

Wah, ternyata sudah sangat lama saya tidak memperbarui blog ini. Sejak Natal, saat blog ini pertama kali diterbitkan, hanya ada satu post dan satu laman statis. Tetapi saya memang sedang berusaha keras menyelesaikan sebuah job terjemahan.

Walaupun honornya terbilang jauh di bawah standar tarif terjemahan untuk buku, tetapi saya senang sekali menerjemahkan cerita detektif Sherlock Holmes yang berjudul The Valley of Fear. Cerita detektif ini berbentuk novel, bukan cerita pendek seperti cerita-cerita detektif Sherlock Holmes yang sudah populer.

Ceritanya sungguh mengasyikkan sehingga saya menunda job-job yang lain, walaupun risikonya pemasukan saya menjadi jauh lebih kecil.

The Valley of Fear saya terjemahkan menjadi "Lembah Ketakutan". Seperti biasa, Dokter Watson memaparkan terjadinya sebuah kasus kriminal. Dalam novel ini, kasus itu terjadi di sebuah Puri Manor (Manor House) di Sussex, Inggris. Namun, Sherlock Holmes mampu membuktikan bahwa mayat yang ditemukan di rumah itu bukan mayat orang yang namanya disebut-sebut sebagai korban pembunuhan.

Mayat itu adalah orang lain dan "korban" yang sebenarnya masih hidup. Selanjutnya, cerita beralih ke bagian kedua yang berlatar Amerika Serikat, di sebuah distrik batubara dan bijih besi yang dicengkeram oleh teror sebuah organisasi kejahatan bernama Scowrers. Di bagian ini, kita berkenalan dengan Jack McMurdo yang karakternya sangat kuat, juga tentang berbagai kejahatan mengerikan yang dilakukan Scowrers.

Tokoh McMurdo sangat kuat karakternya sehingga ada yang membuat situs web dengan nama McMurdo.org (saya lupa link-nya, nanti saya tambahkan). Saya jamin, membaca novel ini akan sangat menghibur Anda. Tunggu terjemahan saya selesai ya. Nanti akan diterbitkan oleh sebuah penerbit di Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca posting blog ini. Bagaimana tanggapan Anda? Silakan tuliskan di dalam kolom komentar.